Senin, 22 September 2014

Penyebab Tubuh Jadi Gemuk

Penyebab Tubuh Jadi Gemuk

Ada banyak sekali faktor penyebab kegemukan yang seringkali tidak kita sadari. Gaya hidup yang tidak sehat seperti sering begadang, mengkonsumsi makanan secara sembaranga dan lain sebagainya dapat memicu naiknya berat badan.

Sebelum memulai program penurunan berat badan, sebaiknya kenali dulu penyebab naiknya berat badan yang Anda alami. Sehingga dapat melakukan langkah-langkah yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut ini beberapa penyababnya:

PENYEBAB TUBUH MENJADI GEMUK

Penyebab Tubuh Menjadi Gemuk


Makanan
Tidak hanya makanan berlemak saja yang dapat menyebabkan kegemukan, gula dan karbohidrat ternyata juga berperan dalam menaikkan berat badan. Beberapa makanan seperti gorengan, gula, donat, nasi putih, mi ayam, bubur ayam, dan martabak dapat menyebabkan kegemukan jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Kurang tidur
Kurang tidur dapat membuat tubuh terasa capek dan lemas sehingga aktivitas fisik berkurang, sehingga memicu naiknya berat badan. Kurang tidur juga dapat menambah rasa lapar. Selain itu, kurang tidur atau kurang istirahat dapat memengaruhi pembentukan glukosa yang berujung pada munculnya penyakit diabetes.

Stress
Ketika ketika stress melanda baik karena masalah pekerjaan, masalah keluarga atau masalah lainnya, tubuh mengeluarkan hormon yang bernama kortisol atau hormon stress. Hormon ini dapat meningkatkan nafsu makan.

Pengobatan medis
Beberapa pengobatan medis ternyata memiliki efek samping membuat tubuh menjadi gemuk. Beberapa obat tersebut adalah anti-depresan untuk mengatasi stress, Pizotifen obat untuk migrain, obat untuk diabetes dan bera-blockers untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Faktor genetik
Dalam beberapa kasus, seseorang yang memiliki riwayat keluarga gemuk juga bisa mendapatkan warisan kegemukan. Pada penelitian terbaru, ilmuwan berhasil membuka misteri gen yang menyebabkan kegemukan. Gen ini disebut FTO dan dapat meningkatkan risiko obesitas pada 1 dari 6 orang. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa gen ini memengaruhi kadar hormon ghrelin yang dapat meningkatkan rasa lapar dan menambah nafsu makan.

Olahraga saja tidak cukup untuk mendapatkan tubuh yang langsing ideal. Anda harus mengimbanginya dengan pola makan yang baik. Olahraga menjadi sia-sia ketika Anda tetap brutal mengkonsumsi makanan yang memcu naiknya berat badan seperti diatas. Mengkonsumsi fiforlifmembantu anda tetap kenyang karena kandungan serat tinggi sehingga terasa kenyang dalam waktu lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar yang baik dan sms 085711665051